Senin, 16 September 2013

Lokasi RA Babul Ulum Nyalaran

Unknown

RA. Babul Ulum Nyalaran Pamekasan (dalam lingkaran merah)



Beginilah pemandangan RA. (Raudhatul Athfal) Babul Ulum Nyalaran Pamekasan jika dilihat dari satelit. Sekolah ini membimbing siswa-siswi usia dini sebagai bekal anak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu SD/MI.

Lokasi sekolah ini berada tepat di transisi antara kota dan desa. Sebelah timur adalah Markas Komando Brimob Polda Jatim wilayah Madura. Deretan gudang di sepanjang jalan menjadi pembatas antara rumah penduduk dengan jalan raya, sehingga orang akan beranggapan bahwa di belakang gudang hanya terhampar ladang atau hutan, padahal deretan rumah-rumah penduduk berjejer kerap di sana. Secara administratif, Nyalaran merupakan salah satu dusun di bawah desa Blumbungan kecamatan Larangan kabupaten Pamekasan. Di sebelah selatan adalah kelurahan Kowel Pamekasan.

Kondisi sosial masyarakat sekitar RA. Babul Ulum masih berpendirian teguh pada ajaran agama, yaitu agama Islam. Kekentalan kekeluargaan, penghormatan pada pemuka agama, kontrol sosial dan adat masih ada, dan hubungan sosial dan pendidikan antara masyarakat dengan aparat pemerintah (brimob) terjalin kuat. Namun demikian, modernisme dan hedonisme di kalangan masyarakat Nyalaran tidak bisa dibendung lagi keberadaannya, terutama sudah banyak menjangkit para anak-anak muda.

Kondisi ekonomi masyarakat di sini 30% buruh proyek dan gudang, 15 % wiraswasta, 5 % PNS, 20 % petani, 20 % merantau ke Jakarta, dan 10 % tidak jelas/pengangguran. Data ini memang belum bisa dijadikan pijakan validitas, tapi bisa dijadikan gambaran sementara mengenai masyarakat Nyalaran.
Pendidikan masyarakat masih di bawah rata-rata, yaitu kebanyakan masih lulusan SD. Namun sejak tahun 1990-an masyarakat tersadar akan pentingnya pendidikan sehingga untuk sekarang sudah banyak yang lulusan SMA, S1 dan sebagian kecil S2.

Namun demikian, tidak ada yang pantas kami sumbangkan untuk kemajuan dan keberadaban masyarakat Nyalaran selain melalui pendidikan yang manusiawi dan islami.

اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا الذي ينفعنا ربي فقهنا وفقه اهلنا وقربنا في ديننا

0 komentar:

Posting Komentar

 

Teknologi

Resources